Pemuda Pancasila 

Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa indonesia dan menjadi ideologi tetap bangsa indonesia yang mencerminkan kepribadian bangsa. Namun demikian dapat juga terjadi bahwa ideologi suatu bangsa , datang dari luar dan dipaksakan kebrlakuannya pada bangsa tersebut,sehingga tidak mencerminkan kepribadian dan karakteristik bangsa tersebut.

Generasi muda adalaha generasi penesrus bangsa, sebagai agent of change atau agen perubahan. Artinya pemuda sebenarnya memiliki peranan untuk menjadi pusat kemjuan bangsa itu sendiri .Generasi muda itu generasi yang ke depan menjadi bukti otentik suatu banga itu bermatabat atau tidak, menjadi bukti sejarah yang tidak akan bisa tergantikan oleh apapun.Karena menciptakan generasi muda merupakan pekerjaan yang tidak mudah,bahkan butuh effort yang sangat besar Karakter generasi muda di suatu negara saat ini merupakan wujud dari kondisi negara saat itu. Suatu negara yang maju secara tidak langsung selalu memperhatikan pola didik dan pola asuh terhadap generasi mudanya. Denga cara memperhaikan pola didik dan pola asuh terhadap generasi muda tersebut .Bahkan emerintah saat ini memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berlandaskan Pancasila . semua dilakukan agar muncul penguatan pancasila di tengah masyarakat 

Salah satu permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dewasa ini adalah memudarnya semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda. Hal ini disebabkan banyaknya pengaruh budaya asing yang banyak masuk di negara kita, akibatnya banyak generasi muda yang melupakan budaya sendiri karena menganggap bahwa budaya asing merupakan budaya yang lebih modern dibanding budaya bangsa sendiri. Hal ini berakibat nilai-nilai luhur bangsa banyak diabaikan hampir terjadi di sebagian besar generasi muda.

Karena itu, menjadi penting untuk kembali mengampanyekan Pancasila sebagai falsafah bangsa yang sudah sah dan final. Hari Kelahiran Pancasila yang kemudian dijadikan momentum oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Organisasi Kepemudaan, Kemahasiswaan dan Kepelajaran untuk menyatakan sikap kesetiaannya terhadap Pancasila, NKRI dan UUD 1945 menjadi penting.

Artinya, deklarasi kesetiaan yang diselenggarakan di Monumen Sakti Pancasila, Lubang Buaya (31 Mei 2017) dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila (1 Juni 2017) perlu dimaknai lebih dari sekadar seremonial semata. Deklarasi tersebut harus mampu memasuki wilayah tindakan dan sikap para pemuda, bukan berhenti di ranah menghafal, sakralitas dan cara berfikir saja.

Dalam memaknai Pancasila, pemuda harus tampil sebagai teladan yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila melalui tindakan. Aktualiasi nilai-nilai Pancasila oleh pemuda menjadi penting di tengah kondisi bangsa hari ini. Dimana, gesekan kerap kali dimunculkan oleh kelompok-kelompok yang tidak menerima keberadaan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Penguatan ideologi bangsa pada generasi muda yaitu dengan menerapkan sila-sila yang terkandung dalam pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan menjadi pribadi yang adil dan bertanggung jawab, saling membantu dan gotong royong, menjalankan syariat agama dengan baik dan benar, dan bijaksana dalam mengambil keputusan

Oleh sebab itu, generasi muda juga sebagai pilar bangsa diharapkan memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme dengan tetap bertahan pada nilai-nilai budaya bangsa indonesia, meskipun banyak budaya asing masuk di negara indonesia. Pemuda berperan sebagai pilar pondasi bangsa dan penggerak pembangunan nasional khususnya dalam memastikan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi yang cocok dan sesuai dengan kepribadian bangsa yang harus terus dilestarikan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Budaya Indonesia Dan Filosofinya

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN